Kamis, Mei 13, 2010

Perkembangan Pemasaran Interaktif

. Kamis, Mei 13, 2010 .

Pasar seringkali didefinisikan sebagai tempat di mana terjadinya transaksi antara penjual dengan pembeli. Dengan perkembangan internet yang semakin pesar, transaksi dapat terjadi di suatu Negara dengan Negara di belahan dunia lainnya hanya dalam hitungan detik, dan tempat transaksi tersebut berlangsung hanya bersifat virtual (virtual marketplace). Bisnis yang mengandalkan internet sebagai alat utamanya dikenal dengan istilah e-commerce.
Mall elektronik atau biasa disebut e-mall, memiliki fungsi yang serupa dengan mall-mall di dunia nyata. E-mall menyediakan space di mana berbagai supplier dapat menjual produk mereka di sebuah situs. E-mall juga menyediakan fasilitas agar pengunjung yang tertarik dengan suatu produk yang dijual untuk dapat melakukan transaksi saat itu juga. Biasanya pembayaran dilakukan dengan menggunakan kartu kredit, atau fasilitas seperti PayPal, dan produk akan dikirim melalui pos atau jasa kurir.
E-mall dapat dibedakan ke dalam beberapa kategori. Berdasarkan produk yang dijual, e-mall dibedakan sebagai e-mall general (umum) dan e-mall khusus.
• E-Mall Umum
E-mall umum merupakan e-mall yang menyediakan berbagai macam produk untuk dijual pada situsnya. Contoh e-mall umum adalah amazon.com, yang menyediakan berbagai peralatan elektronik, DVD film, CD musik, buku, perlengkapan kantor, sampai perlengakapn bayi dan anak-anak.
• E-Mall Khusus
Berbeda dengan e-mall umum yang menyediakan berbagai jenis produk, e-mall khusus hanya menjual satu jenis produk saja, misalnya khusus baju anak kecil (baju-anak.com), khusus games (gamezone.com), dan lain-lain. Contoh lain dari e-mall khusus misalnya bhinneka.com, sebuah webstore yang cukup terkenal di Indonesia. Situs ini menyediakan berbagai produk elektronik, dari computer, software, handphone, dan berbagai produk IT lainnya. Situs yang memiliki misi untuk menjadi webstore nomor 1 dalam hal penyediaan produk IT di Indonesia ini menjual produk dalam standar dollar, sehingga harga dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kedudukan dollar saat itu.
E-mall juga dapat dibedakan berdasarkan daerah yang dijangkaunya, yaitu e-mall e-mall regional dan e-mall global. E-mall regional, seperti parknshop.com hanya melayani konsumen yang berada di Hongkong saja, sedangkan e-mall global melayani transaksi dari berbagai Negara.
Ebay (www.ebay.com) adalah suatu situs lelang online buatan Amerika yang memperjualbelikan berbagai barang, dari peralatan rumah tangga, furniture, alat elektronik, hingga karya seni. Ebay didirikan oleh perusahaan EchoBay pada tahun 1995 oleh Omidyar. Ebay termasuk ke dalam e-commerce yang fenomenal di seluruh dunia dan telah memiliki situs-situs regional di berbagai Negara, seperti Australia, Prancis, bahkan Indonesia (www.id.ebay.com). Ebay membagi katalognya dalam berbagai kategori yang memudahkan pencarian produk. Ebay juga memberikan rekomendasi bagi sellers yang sudah terpercaya dan menggunakan sistem pembayaran dengan menggunakan PayPal, sehingga lebih aman dari penipuan dengan menggunakan kartu kredit.
Wikinomics merupakan sebuah istilah yang diperkenalkan dalam sebuah buku bisnis yang membahas bagaimana kolaborasi massa yang dilakukan oleh beberapa perusahaan pada abad ke 21 ini dengan menggunakan teknologi open source seperti Wikis, telah berhasil membuat kesuksesan perusahaan tersebut. Buku karya Don Tapscott dan Anthony D. Williams dengan judul “Wikinomics: How Mass Collaboration Changes Everything” ini sukses menjadi bacaan wajib para businessmen sebagai panduan bisnis mengenai penggunaan teknologi sebagai salah satu tools dalam marketing strategy mereka. Buku ini dipublikasikan pada bulan Desember 2006 dan berhasil dinobatkan sebagai salah satu buku bisnis terbaik di tahun 2007 dan diterjemahkan ke dalam lebih dari 20 bahasa. Menurut Tapscott, Wikinomics ini mengutamakan empat prinsip utama, yaitu: Openness (keterbukaan), siapapun dapat menjadi anggota secara terbuka, Peering (kerjasama), dengan menerapkan sistem bekerja sama sebagai kelompok dalam pengembangannya, Sharing (berbagi), dengan keterbukaan dan kebebasan untuk saling mengakses dan bertukar informasi, dan Acting Globally (bertindak global), dengan layanan yang bersifat global dan dapat diakses oleh orang dari seluruh dunia tanpa terbatas ruang dan waktu.
Empat prinsip tersebut kemudian dijabarkan lebih lanjut ke dalam tujuh model strategi bisnis dan ekonomi, yaitu peer pioneer, ideagoras, prosumers, new Alexandrians, platforms for participation, global plant floor, dan wiki workplace. Prosumers adalah gabungan dari kata produsen dan consumers yang karena pada situs kolaborasi massa, konsumen juga sekaligus bertindak sebagai produsen yang turut serat dalam pengembangan produk (informasi). Misalnya dalam situs Youtube di mana pengguna bebas membagikan video dan akan menerima feedback dari pengunjung lainnya. Salah satu contoh wikinomics lainnya yang sudah dikenal akrab adalah Wikipedia, yang memberikan akses kepada setiap pengguna untuk mengakses, membagikan, maupun menyunting sebuah informasi kepada jutaan pengguna lainnya.
Dalam ilmu pemasaran dikenal istilah word of mouth, yaitu informasi yang disebarkan dari mulut ke mulut. Seiring dengan perkembangan teknologi, dan berkembangnya pemasaran interaktif, istilah word of mouth ini meluas jangkauannya menjadi virtual word of mouth, di mana informasi dipertukarkan melalui dunia maya, yang notabene memiliki kekuatan lebih cepat dan menjangkau hampir ke seluruh belahan dunia. Virtual word of mouth ini dicapai dengan memanfaatkan teknologi-teknologi media elektronik online, seperti situs-situs jejaring sosial (Facebook, Twitter, dan Youtube), blog, dan lain-lain. Viral marketing merupakan istilah yang banyak digunakan sekarang ini, yaitu pemasaran online dengan tujuan meningkatkan pertukaran informasi melalaui virtual word of mouth. Teknik ini sudah diaplikasikan oleh perusahaan-perusahaan besar, seperti Levi’s, juga organisasi dunia, Greenpeace, melalui situs Youtube, dan terbukti cukup efektif dalam menimbulkan awareness masyarakat. Selain itu, karena memanfaatkan fasilitas internet, teknik pemasaran semacam ini juga irit biaya dan menopangkan keberhasilannya pada tiingginya tingkat virtual word of mouth.




Referensi:
http://ebay.about.com/
http://ezinearticles.com/?Social-Network-Marketing---Promoting-by-Virtual-Word-of-Mouth&id=3899511
http://pages.ebay.co.uk/aboutebay.html
http://www.emall.com/
http://www.proceedings2009.imcsit.org/pliks/12.pdf
http://www.wikinomics.com/blog/index.php/about/
http://www.wikinomics.com/book/

0 comments:

 
LemonLimeLife is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com